Pentingnya Vaksin pentabio untuk Anak


Imunisasi untuk si kecil sangat penting bagi pencegahan berbagai macam penyakit, terutama bayi yang masih berusia di bawah 1 tahun, meski begitu anak dewasapun tetap direkomedasikan untuk mendapatkan vaksin ini (vaksin dewasa). Vaksin pentabio tergolong imunisasi yang bisa mencegah berbagai penyakit yang berbahaya bagi si kecil. Seperti difteri, pertusis, tetanus, hepatitis B, dan influenza.

Pemberian vaksin ini dilakukan saat si kecil berusia 2, 4, dan 6 bulan. Setelah itu, si kecil kembali diberikan imunisasi pentabio ini pada usia 18 bulan hingga 3 tahun. Pemberian vaksin ini tergolong praktis, karena si kecil tidak harus disuntik berkali-kali dengan berbagai jenis imunisasi.

Vaksin yang tergolong jenis kombo atau gabungan ini cukup diberikan sekali. Sehingga sangat praktis dan tetap memberikan perlindungan dari berbagai penyakit yang rawan saat usianya di bawah 1 tahun.

Kegunaan Vaksin pentabio

Setidaknya ada lima jenis penyakit yang bisa dicegah dari vaksin kombo ini. Berikut lima penyakit tersebut:

1. Difteri

Penyakit ini merupakan penyakit menular yang termasuk kedalam golongan yang sudah mewabah di Indonesia. Gejala yang didapatkan dari penyakit ini seperti batu, pilek, atau flu biasa. Namun, ketika tanpa adanya pertahanan yang kuat pada tubuh si kecil bisa sangat berbahaya, bahkan bisa mengancam kematian.

Difteri menyerang bagian sistem pernapasan di bagian tenggorokan, selaput lendir, dan juga di saluran pernapasan lainnya. Oleh karenanya, vaksin pentabio ini dibutuhkan untuk melindungi si kecil dari difteri ini.

2. Pertusis

Seperti halnya difteri, pertusis atau biasa disebut batuk rejan ini merupakan akibat infeksi bakteri di dalam saluran pernapasan. Bakteri yang telah menyebar ke dalam saluran pernapasan bisa memicu komplikasi yang sangat berbahaya.

Mulai dari dehidrasi, merusak saluran telinga, bisa juga memicu pneumonia, menyerang sistem saraf. Tanpa adanya perawatan yang tepat sangat berbahaya. Sehingga dibutuhkan pencegahan berupa vaksin yang mampu menguatkan sistem imun si kecil dari pertusis ini.

3. Infeksi Tetanus

Infeksi tetanus terjadi akibat bakteri clostridium tetani yang berasal dari kotoran hewan. Jika terkena luka yang ada di dalam tubuh akan mengeluarkan racun yang sangat berbahaya. Terutama bagi si kecil yang memiliki ketahanan tubuh yang rendah.

Infeksi ini bisa menyebabkan kesulitan bernapas, kejang, hingga pneumonia. Tentu pencegahan menjadi solusi terbaik dari pencegahan timbulnya bakteri berbahaya tersebut, yaitu dengan pemberian vaksin kombo ini.

4. Hepatitis B

Virus hepatitis B menyerang organ hati dan bisa menular. Gejala yang timbul dari infeksi virus ini tidak terlihat berbahaya, karena hanya gejala-gejala yang ringan saja seperti panas. Namun jika tidak ditangani dengan tepat selama enam bulan, maka kondisi tubuh si kecil bisa semakin parah.

Perkembangannya akan sangat cepat dan menyebabkan penyakit kronis lainnya. Hepatitis B ini bisa terus ada seumur hidup, dan memicu berbagai komplikasi, hingga timbulnya kanker hati.

5. Influenza

Influenza di Indonesia dianggap penyakit yang ringan, karena gejalanya hanya batuk, demam, flu, dan sakit kepala ringan yang membuat si kecil rewel. Serangan virus influenza ini biasanya dialami oleh anak berusia di bawah 2 tahun.

Namun, jangan anggap remeh penyakit ini. Infeksi yang parah bisa menyebabkan pneumonia yang sangat berbahaya. Jadi disarankan untuk memberikan vaksin pentabio untuk si kecil ini.

Efek Samping Pemberian Vaksin pentabio

Dibanding dengan manfaat yang didapatkan, vaksin ini hanya memberikan efek samping yang sangat ringan. Jadi Anda tidak perlu khawatir ketika ingin memberikan imunisasi pentabio pada si kecil.

Beberapa efek samping yang terjadi setelah pemberian imunisasi ini berupa bengkak di bekas suntikan. Pembengkakan pada kulit si kecil ini sangat wajar terjadi. Untuk menghilangkannya sangat mudah, yaitu cukup dengan dikompres dengan air hangat.

Selain bengkak, efek samping lainnya berupa demam. Panas yang terjadi pada si kecil ini merupakan reaksi vaksin yang diberikan. Untuk mengobatinya cukup dengan dikompres atau memberikan paracetamol untuk si kecil. Jika tidak turun setelah dikompres atau diberikan paracetamol, bawa si kecil ke dokter.

Vaksin jenis ini aman, dan sangat direkomendasikan oleh semua institusi kesehatan, termasuk Anda yang berada di Semarang. Anda bisa memberikan imunisasi pentabio sekarang juga untuk si kecil.

Bagi bunda yang ingin konsultasi seputar vaksin ke dokter, kini bisa melakukan konsultasi di situs maupun aplikasi kesehatan Halodoc. Halodoc adalah situs kesehatan modern berisi para dokter profesional yang bisa menjawab segala pertanyaan terkait kesehatan. Selain itu Halodoc juga dilengkapi fitur toko obat yang memudahkan kita membeli obat tanpa harus keluar rumah.

Itulah vaksin pentabio yang praktis sebagai imunisasi untuk si kecil berusia di bawah 1 tahun. Vaksin yang masuk dalam golongan kombo ini mampu mencegah berbagai penyakit hanya dengan satu jenis vaksin saja, tanpa harus memberikan suntikan terhadap si kecil berkali-kali.

Tidak ada komentar untuk " Pentingnya Vaksin pentabio untuk Anak"